Kamis, 05 Maret 2015

Ascaris lumbricoides

Morfologi
Cacing Ascaris lumbricoides memiliki 2 stadium dalam perkembangannya, yaitu :
1. Telur : telur fertil, infertil dan yang telah mengalami dekortikasi
2. Bentuk dewasa.
Stadium telur spesies ini berbentuk bulat oval dan ukurannya berkisar antara 45 – 75 mikron x 35 – 50 mikron. Telur Ascaris lumbricoides sangat khas dengan susunan dinding telurnya yang relatif tebal dengan bagian luar yang berbenjol-benjol. Dinding telur tersebut tersusun atas tiga lapisan, yaitu :
a. Lapisan luar yang tebal dari bahan albuminoid yang bersifat impermiabel.
b. Lapisan tengah dari bahan hialin bersifat impermiabel ( lapisan ini yang memberi bentuk telur )
c. Lapisan paling dalam dari bahan vitelline bersifat sangat impermiabel sebagai pelapis sel telurnya.

Telur cacing ini sering ditemukan  dalam 2 bentuk, yaitu telur fertile (dibuahi) dan telur yang infertile (tidak dibuahi). Telur fertil yang belum berkembang biasanya tidak memiliki rongga udara, tetapi yang telah mengalami perkembangan akan didapatkan rongga udara. Pada telur fertile yang telah mengalami pematangan kadangkala mengalami pengelupasan dinding telur yang paling luar sehingga penampakan telurny tidak lagi berbenjol-benjol kasar melainkan tampak halus. Telur yang telah mengalami pengelupasan pada lapisan albuminoidnya tersebut sering dikatakan telah mengalami proses dekortikasi. Pada telur ini lapisan hialin menjadi lapisan yang paling luar.
Telur infertil; bentuknya lebih lonjong, ukuran lebih besar, berisi protoplasma yang mati sehingga tampak lebih transparan.
Pada stadium dewasa, cacing spesies ini dapat dibedakan jenis kelaminnya. Biasanya jenis betina memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan jantan. Pada bagian kepala (anterior) terdapat 3 buah bibir yang memiliki sensor papillae, satu pada mediodorsal dan 2 buah pada ventrolateral. Diantara 3 bibir tersebut terdapat bucal cavity yang berbentuk trianguler dan berfungsi sebagai mulut. Jenis kelamin jantan memiliki  ukuran panjang berkisar antara 10 – 30 cm sedangkan diameternya antara 2 – 4 mm. Pada bagian posterior ekornya melingkar ke arah ventral dan memiliki 2 buah spikula. Sedangkan jenis kelamin betina panjang badannya berkisar antara 20 – 35 cm dengan diameter tubuh antara 3 – 6 mm. Bagian ekornya relatif lurus dan runcing.
Cacing jantan berukuran sekitar 10-30 cm, sedangkan betina sekitar 22-35 cm. Pada cacing jantan ditemukan spikula atau bagian seperti untaian rambut di ujung ekornya (posterior). Pada cacing betina, pada sepertiga depan terdapat bagian yang disebut cincin atau gelang kopulasi.
Cacing dewasa hidup pada usus manusia. Seekor cacing betina dapat bertelur hingga sekitar 200.000 telur per harinya. Telur yang telah dibuahi berukuran 60 x 45 mikron. Sedangkan telur yang tak dibuahi, bentuknya lebih besar sekitar 90 x 40 mikron. Telur yang telah dibuahi inilah yang dapat menginfeksi manusia.

Morfologi Telur
Telur Ascaris lumbricoides atau cacing gelang memiliki ciri-ciri yaitu :
  1. ukuran telur bergantung kesuburan di dalam usus hospes
  2. telur keluar bersama tinja dalam keadaan belum matang
  3. ada tiga bentuk telur yang mungkin di temukan dalam tinja, yaitu :


telur di buahi



telur dekortikasi



telur infertil



telur berembrio

Morfologi cacing dewasa
Cacing Ascaris lumbricoides atau cacing gelang memiliki ciri-ciri yaitu :
  1. Nematoda usus terbesar
  2. badan panjang silindris, kedua ujung lancip, lapisan luar dilapisi kutikula yang melintang.
  3. mulut memiliki 3 bibir, 1dorsal dan 2 lateroventral.
  4. caing jantan ukurannya lebih kecil dari pada betina.
  5. bagian posterior cacing jantan melengkung ke arah ventral.

Klasifikasi
INGKATAN
NAMA
KINGDOM
Animalia
FILUM
Nemathelminthes
KELAS
Nematoda
ORDO
Ascaridida
FAMILI
Ascaridae
GENUS
Ascaris
SPESIES
Ascaris lumbricoides

Sumber Infeksi
1.    Telur ascaris yang infektif tertelan manusia dan mencapai duodenum, di sini telur menjadi larva
2.    Larva ini menembus dinding usus, melalui saluran limfe bermigrasi ke hepar dan paru
3.    Banyaknya larva di paru-paru menimbulkan gejala Loefller Syndrome/ Atypical Pneumonia
4.    Larva mencapai epiglottis dan kembali ke usus kecil. Di sini tumbuh menjadi cacing dewasa, cacing betina bertelur lagi
5.    Perjalanan cacing hingga menjadi dewasa ± 3 bulan

Diagnosis
1.    Ditemukan telur ascaris dalam faeces
2.    Keluar cacing ascaris bersama faeces/ muntah
  1. pemeriksaan tinja dengan menggunakan metode natif/langsung, penderita dinyatakan + jika ditemukan telur di buahi,dekotikasi, dan tidak dibuahi dalam tinja.
  2. menemukan cacing dewasa dalam muntahan,tinja, atau keluaran dari hidung.

Pencegahan Askariasis
1. Pencegahan Primer
  • Melakukan promosi kesehatan yaitu pendidikan kesehatan dan penyuluhan kesehatan tentang sanitasi yang baik, hygiene keluarga dan hygiene pribadi seperti tidak menggunakan tinja sebagai pupuk tanaman, sebelum melakukan persiapan makanan dan hendak makan, tangan dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun, sayuran segar (mentah) yang akan dimakan sebagai  lalapan, harus dicuci bersih dan disiram lagi dengan air hangat karena telur cacing Ascaris dapat hidup dalam tanah selama bertahun-tahun. Juga peyuluhan tentang pentingnya buang air besar di jamban, tidak di kali atau di kebun untuk menghindari penyebaran dan penyakit ini.
  • Proteksi spesifik dengan melakukan pengobatan massal 6 bulan sekali di daerah endemik atau di daerah yang rawan askariasis.
2. Pencegahan Sekunder
  • Deteksi dini terhadap orang yang mempunyai risiko terkena penyakit askariasis ini.
  • Mengobati dengan tepat penderita askariasis
3. Pencegahan Tersier
  • Membatasi ketidakmampuan penderita askariasis dengan memberikan pengobatan pirantel pamoat 10 mg/kgBB dosis tunggal, Mebendazol 500 mg dosis tunggal (sekali saja) atau 100 mg 2 x sehari selama tiga hari berturut-turut, Albendazol 400 mg dosis tunggal (sekali saja), tetapi tidak boleh digunakan selama hamil atau melakukan operasi pembedahan apabila pengobatan secara oral sudah tidak memungkinkan lagi.

Pengobatan
  • Obat - Mebendazol, albendazole, dan pirantel pamoat.Obat-obat ini bekerja dengan membunuh cacing dewasa. Cukup efektif untuk mengobati askariasis.
  • Endoskopi atau pembedahan - Dalam kasus askariasis berat, dapat terjadi obstruksi atau perforasi usus, obstruksi saluran empedu, dan usus buntu yang mungkin memerlukan pembedahan.



Daftar Pustaka


1 komentar: